Rabu, 26 September 2012

badan usaha

Badan Usaha adalah kesatuan yuridis dan ekonomis yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau memberi layanan kepada masyarakat.

Fungsi badan usaha
1.       Fungsi Komersial
Fungsi ini berhubungan dengan tujuan badan usaha untuk memperolehlaba (keuntungan). Agar dapat memperoleh laba (keuntungan), badan usahaharus mampu mengelola faktor-faktor produksinya secara efektif dan efisien.

2.       Fungsi Manajemen
Fungsi ini berhubungan dengan cara pengelolaan (manajemen) badanusaha. Fungsi ini meliputi pembuatan rencana (planning),  pembuatan organisasi (organizing) , pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (control-ling).

3.       Fungsi Keuangan
Fungsi ini berhubungan dengan cara mendapatkan modal dan caramenggunakan modal secara efektif dan efisien.

4.       Fungsi Teknis
Fungsi ini berhubungan dengan cara pembagian kerja, proses atauteknologi produksi, dan penentuan lokasi produksi.

5.       Fungsi Personalia
Fungsi ini berhubungan dengan masalah kepegawaian, seperti rekrutmenkaryawan, penempatan karyawan, pemberian kompensasi (penggajian)karyawan, pelatihan dan motivasi karyawan.

6.       Fungsi Pemasaran
Fungsi ini berhubungan dengan teknik pemasaran, cara promosi, carapenjualan (tunai atau kredit) dan pelayanan purna jual.

7.       Fungsi Sosial
Fungsi ini berhubungan dengan peran dan manfaat badan usaha bagimasyarakat sekitar. Misalnya, kemampuan badan usaha dalam menyeraptenaga kerja dari masyarakat sekitar, pemberian beasiswa kepada masyarakat,pencegahan dampak negatif limbah, serta peran aktif badan usaha terhadapkegiatan-kegiatan di lingkungan sekitar.

8.       Fungsi Kepemimpinan
Fungsi ini berhubungan dengan cara memimpin badan usaha agar berjalan lancar sesuai dengan tujuan perusahaan.

9.       Fungsi Administrasi
Fungsi ini berhubungan dengan kegiatan administrasi, sepertipembukuan (akuntansi), pembuatan anggaran belanja, pembuatan laporankeuangan (seperti neraca dan laporan laba-rugi).

10.   Fungsi Pembangunan
Fungsi ini berhubungan dengan peran badan usaha sebagai pendampingpemerintah dalam pembangunan ekonomi di tanah air. Dalam hal ini, badanusaha bisa menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat,menghasilkan barang dan jasa dan sebagai sumber penerimaan pajak bagi pemerintah

Macam-macam badan usaha menurut pemilik modal
a.      Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Adalah badan usaha yang seluruh modalnya berasal dari kekayaan negara yang disisihkan. Tujuan BUMN adalah melayani dan mencukupi kebutuhan masyarakat umum, meningkatkan kemakmuran dan menambah kas negara untuk membiayai pembangunan, dan membuka lapangan pekerjaan. Menurut UU No. 9 tahun 1969, BUMN dibagi menjadi 3 baguan, yaitu:

  1. Perusahaan Negara Jawatan (Perjan)
  2. Perusahaan Negara Umum (Perum)
  3. Perusahaan Negara Perseroan (Persero)
Selain pembagian diatas, BUMN/PN juga dibagi atas dua kelompok, yaitu:
·         PN Public Utility
·         PN Nonpublic Utility

b.      Badan Usaha Swasta
Adalah badan usaha yang seluruh modalnya berasal dari seorang, sekelompok orang tertentu, atau berasal dari masyarakat umum. Tujuannya adalah untuk mencari keuntungan semaksimal mungkin, mengembangkan usaha dan modalnya, serta membuka laporan pekerjaan.

c.       Badan Usaha Campuran
Adalah badan usaha yang sebagian modalnya berasal dari pihak swasta dan sebagian lagi dari pemerintah. Tujuannya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut dalam kegiatan ekonomi negara, menambah keuntungan atau kas negara, dan memberikan kesempatan keja kepada pengangguran.

Macam-macam badan usaha menurut jenis lapangan usaha yang dijalankan
a.       Badan Usaha Ekstraktif
Adalah badan usaha yang kegiatannya mengambil atau mengumpulkan hasil kekayaan alam yang telah tersedia dengan tidak mengubah sifatnya,

b.      Badan Usaha Agraris
Adalah badan usaha yang bergerak dibidang pengolahan tanah dengan bantuan kesuburannya

c.       Badan Usaha Industri
Adalah badan usaha yang kegiatannya mengolah atau mengubah bahan baku dengan campuran tertentu (bahan penolong) sehingga menjadi barang jadi, yang siap dipakai atau masih setengah jadi.

d.      Badan Usaha Niaga atau Perdagangan
Adalah badan usaha yang kegiatannya membeli barang-barang dan menjualnya kembali untuk mendapat keuntungan, baik di tempat yang sama maupun ditempat yang berbeda.

e.      Badan Usaha Jasa
Adalah badan usaha yang kegiatannya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cara menyewakan barang, mengantarkan penumpang atau barang, membantu penyelesaian pekerjaan tertentu, dan lain lain dengan mengharapkan balas jasa (uang)

Macam-macam badan usaha menurut banyaknya pekerja
a.       Badan Usaha atau Perusahaan Kecil, bila pekerjanya kurang dari 6 orang.
b.      Badan Usaha atau Perusahaan Sedang, bila pekerjanya lebih dari 5 orang dan kurang dari 51 orang.
c.       Badan Usaha atau Perusahaan Besar, bila pekerjanya lebih dari 50 orang.

Macam-macam badan usaha menurut besarnya modal
a.       Badan Usaha atau Perusahaan Padat Karya (intensif tenaga kerja)
Adalah badan usaha perusahaan yang lebih banyak menggunakan tenaga kerja manusia dari pada tenaga mesin,

b.      Badan Usaha atau Perusahaan Padat Modal (intensif modal)
Adalah badan usaha perusahaan yang lebih banyak menggunakan mesin atau barang modal dari pada tenaga kerja manusia

Macam-macam Badan Usaha menurut Bentuk Hukum (Yuridis)
a.      Badan Usaha atau Perusahaan Perseorangan
Adalah usaha yang didirikan, dimiliki, dan dimodali oleh satu orang. Pemiliknya bertanggung jawab penuh atas segala utang atau kewajiban perusahaan dengan seluruh hartanya, baik harta yang ditanamkan pada perusahaan maupun harta pribadi lainnya.

b.      Persekutuan Firma (Fa)
Menurut KUHD, persekutuan firma adalah persekutuan yang menjalankan perusahaan dengan memakai suatu nama salah seorang anggota firma atau nama lain untuk kepentingan bersama

c.       Perseroan Komanditer (CV)
Menurut pasal 19 KUHD, CV adalah suatu bentuk perjanjian kerja sama untuk berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin, mengatur perusahaan, serta bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya, dengan orang-orang yang memberikan pinjaman dan tidak bersedia memimpin perusahaan serta bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan itu.

d.      Perseroan Terbatas (PT)
Adalah suatu persekutuan untuk menjalankan perusahaan yang mempunyai modal usaha yang terbagi atas beberapa saham, dimana setiap sekutu atau persero turut mengambil bagian sebanyak satu atau lebih saham.

e.      Koperasi
Adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan atas asas kekeluargaan. Tujuannya untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan pancasila dan UUD 1945

f.        Joint Venture
Adalah bentuk usaha kerja sama antara dua orang atau lebih, baik kerja sama dalam pengumpulan modal dalam usaha maupun dalam kegiatan organisasi

g.      Yayasan
Adalah organisasi perkumpulan dan bukan merupakan badan usaha yang bertujuan mencari keuntungan, tetapi merupakan kegiatan sosial untuk membantu kesejahteraan masyarakat yang lemah untuk melaksanakan kegiatan bagi kepentingan orang banyak
Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar